Pengertian Fiqh
Fiqh secara bahasa bermakna pemahaman. Sedangkan secara
istilah ialah ilmu tentang hukum-hukum syar’i yang dapat diamalkan yang diambil
dari dalil-dalil yang terperinci[1].
Ilmu fiqh mencakup banyak aspek kehidupan, mulai dari hal ibadah (Shalat,
puasa, zakat, haji), mu’amalah (seperti : jual beli, sewa, pinjaman, dan
lain-lain), pernikahan, dan lain sebagainya.
Keutamaan Ilmu Fiqh
Inilah yang menjadikan ilmu fiqh istimewa dalam
menjalankan agama ini. Berikut saya sebutkan beberapa hadits nabi dan perkataan
ulama yang menjelaskan keutamaan dari ilmu fiqh :
a. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين
Rasulullah bersabda “Barangsiapa
yang Allah kehendaki kebaikan, maka Allah pahamkan dia (membuatnya ahli fiqh)
pada masalah agama” (HR. Bukhari Muslim)
b. قال رسول
الله صلى الله عليه وسلم : ما عبد الله سبحانه بشيئ أفضل من فقه في الدين
Rasulullah bersabda “Allah subhanahu tidak
disembah dengan sesuatu yang lebih utama dari fiqh dalam agama” (HR.
Tirmidzi)
c. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إذا مررتم برياض الجنة فارتعوا . قالوا
: يا رسول الله وما رياض الجنة ؟ قال : حلق الذكر
Rasulullah bersabda “ketika kalian lewat bertemu taman surga, maka
berhenti dan ikutlah duduk”. Sahabat bertanya : “Ya Rasulallah, apa itu taman
surga?” Rasul menjawab : “Perkumpulan dzikir”. Imam ‘Atha’ berkata : “Dzikir
yaitu majlis yang menjelaskan halal haram”. Bagaimana kamu membeli, menjual,
bagaimana kamu shalat, puasa, haji, nikah, dan yang sejenisnya.
d.
قال سفيان بن عيينة : لم يعط أحد بعد النبوة أفضل من
العلم والفقه في الدين
Sufyan bin ‘uyainah berkata : “ seseorang
setelah kenabian tidak pernah diberikan sesuatu yang lebih utama dari ilmu dan
fiqh dalam agama”.
e. قال أبو هريرة وأبو ذر رضي الله تعالى عنهما : باب من العلم نتعلمه أحب
إلينا من ألف ركعة تطوعا
Abu Hurairah dan Abu
Dzarr berkata : “Satu bab ilmu yang kita
pelajari lebih kami cintai daripada seribu rakaat shalat sunah”.
f. قال عمر رضي الله عنه : لموت ألف عابد قائم الليل صائم النهار أهون من موت
العالم البصير بحلال الله تعالى وحرامه
Sayyidina Umar berkata : “Sungguh meninggalnya seribu ahli
ibadah yang selalu bertahajud setiap malamnya dan berpuasa disiang harinya itu
lebih ringan daripada meninggalnya satu orang yang alim yang mengetahui halal
dan keharaman Allah ta’ala”[2].