واثنا عشر
بابا منها لما زاد على الثلاثي وهو ثلاثة أنواع :
النوع الأول
: وهو ما زيد فيه حرف واحد على الثلاثي ، وهو ثلاثة أبواب :
الباب الأول :
(أَفْعَلَ
يُفْعِلُ إِفْعَالًا) :
موزونه : أَكْرَمَ
يُكْرِمُ إِكْرَامًا ، وعلامته : أن يكون ماضيه على أربعة أحرف بزيادة الهمزة في
أوله ، وبناؤه : للتعدية غالبا وقد يكون لازما ، مثال المتعدي نحو : (أَكْرَمَ
زَيْدٌ عَمْرًا) ، ومثال اللازم نحو : (أَصْبَحَ الرَّجُلُ) .
Dan yang dua belas dari 35 bab tersebut berada pada fi’il
tsulatsi mazid (terdiri dari tiga huruf asli dan ada tambahannya), yaitu
ada tiga jenis:
Jenis pertama yaitu fi’il tsulatsi yang diberi satu
huruf tambahan, yaitu ada tiga bab:
Bab Pertama
(Af’ala yuf’ilu if’alan):
Mauzun-nya: akrama yukrimu ikraman, tandanya:
berupa fi’il madli-nya terdiri dari empat huruf dengan ketambahan hamzah
dipermulaannya, bina’-nya: secara umum berfaidah ta’diyyah
dan terkadang lazim, contoh yang muta’addi seperti : أَكْرَمَ زَيْدٌ عَمْرًا (Zaid memuliakan
‘Amr), yang lazim seperti: أَصْبَحَ الرَّجُل (seorang laki-laki di pagi hari).
الباب الثاني :
(فَعَّلَ
يُفَعِّلُ تَفْعِيْلًا) :
موزونه : فَرَّحَ
يُفَرِّحُ تَفْرِيْحًا ، وعلامته : أن يكون ماضيه على أربعة أحرف بزيادة حرف واحد
بين الفاء والعين من جنس عين فعله ، وبناؤه : للتكثير غالبا ، وهو قد يكون في
الفعل نحو : (طَوَّفَ زَيْدٌ الْكَعْبَةَ) ، وقد يكون في الفاعل نحو : (مَوَّتَ
الْإِبِلُ) ، وقد يكون في المفعول نحو : (غَلَّقَ زَيْدٌ الْأَبْوَابَ) .
Bab Kedua
(Fa’’ala yufa’’ilu taf’ilan):
Mauzun-nya: farraha yafarrihu tafriihan,
tandanya: berupa fi’il madli-nya terdiri dari empat huruf dengan
ketambahan satu huruf yang sejenis dengan ‘ain fi’il-nya yang berada di
antara fa’ fi’il dan ‘ain fi’il, bina’-nya : secara umum
berfaidah taktsir (memperbanyak) , faidah tersebut terkadang berada pada
fi’il seperti : طَوَّفَ زَيْدٌ الْكَعْبَةَ (Zaid banyak mengelilingi ka’bah), terkadang
berada pada fa’il (subyek) seperti : مَوَّتَ الْإِبِلُ (unta banyak yang
mati), dan terkadang juga berada pada maf’ul (obyek) seperti : غَلَّقَ زَيْدٌ الْأَبْوَابَ (Zaid mengunci banyak pintu).
الباب الثالث :
(فَاعَلَ
يُفَاعِلُ مُفَاعَلَةً وَفِعَالًا وَفِيْعَالًا) :
موزونه : قَاتَلَ
يُقَاتِلُ مُقَاتَلَةً وَقِتَالًا وَقِيْتَالًا، وعلامته : أن يكون ماضيه على
أربعة أحرف بزيادة الألف بين الفاء والعين ، وبناؤه : للمشاركة بين الإثنين غالبا وقد
يكون للواحد ، مثال المشاركة بين الإثنين نحو : (قَاتَلَ زَيْدٌ عَمْرًا) ، ومثال
الواحد نحو : (قَاتَلَهُمُ اللَّهُ) .
Bab Ketiga
(Faa’ala yufaa’ilu mufaa’alatan wa fi’aalan wa
fii’aalan):
Mauzun-nya : qaatala yuqaatilu muqaatalatan wa
qitaalan wa qiitaalan, tandanya: berupa fi’il madli-nya terdiri dari
empat huruf dengan ketambahan alif di antara fa’ fi’il dan ‘ain
fi’il, bina’-nya secara umum berfaidah musyarakah bainal itsnain
(kesamaan pekerjaan antara dua orang pelaku) dan terkadang hanya untuk satu pelaku,
contoh yang musyarakah bainal itsnain seperti : قَاتَلَ زَيْدٌ عَمْرًا (Zaid dan ‘Amr saling membunuh), sedangkan
yang satu pelaku seperti : قَاتَلَهُمُ اللَّهُ (Allah membunuh mereka).
النوع الثاني : وهو ما زيد فيه حرفان على الثلاثي المجرد
، وهو خمسة أبواب :
Jenis kedua yaitu fi’il tsulatsi mujarrad yang
diberi dua huruf tambahan, yaitu ada lima bab :
الباب الأول :
(انْفَعَلَ
يَنْفَعِلُ انْفِعَالًا) :
موزونه : انْكَسَرَ
يَنْكَسِرُ انْكِسَارًا، وعلامته : أن يكون ماضيه على خمسة
أحرف بزيادة الهمزة والنون في أوله ، وبناؤه : للمطاوعة ، ومعنى المطاوعة :
حصول أثر الشيئ عن تعلق الفعل المتعدي بمفعوله نحو : (كَسَرْتُ الزُّجَاجَ
فَانْكَسَرَ ذَلِكَ الزُّجَاجُ) ، فإن انكسار الزجاج أثر حصل عن تعلق الكسر الذي
هو الفعل المتعدي .
Bab Pertama
(Infa’ala
yanfa’ilu infi’alan) :
Mauzun-nya : inkasara yankasiru inkisaran, tandanya : berupa fi’il
madli-nya yang terdiri dari lima huruf dengan ketambahan hamzah dan nun
di permulaannya, bina’-nya : berfaidah muthawa’ah, pengertian muthawa’ah
yaitu : timbulnya akibat dari sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan yang
membutuhkan obyek seperti : كَسَرْتُ الزُّجَاجَ فَانْكَسَرَ ذَلِكَ
الزُّجَاجُ (saya memecahkan kaca, sehingga kaca
tersebut menjadi pecah), maka pecahnya kaca tersebut merupakan akibat yang
timbul dari pekerjaan memecah, yang memecah merupakan suatu kata kerja yang
membutuhkan obyek).
(اِفْتَعَلَ يَفْتَعِلُ اِفْتِعَالًا):
موزونه : اِجْتَمَعَ يَجْتَمِعُ اِجْتِمَاعًا
، وعلامته : أن يكون ماضيه على خمسة أحرف بزيادة الهمزة في أوله والتاء بين الفاء
والعين ، وبناؤه : للمطاوعة أيضا نحو : (جَمَعْتُ الْإِبِلَ
فَاجْتَمَعَ ذَلِكَ الْإِبِلُ) .
Bab kedua
(Ifta’ala yafta’ilu ifti’alan) :
Mauzun-nya : ijtama’a yajtami’u ijtima’an ,
tandanya : berupa fi’il madli-nya terdiri dari lima huruf dengan
ketambahan hamzah di permulaannya dan ta’ di antara fa’ fi’il
dan ‘ain fi’il , bina’-nya : juga berfaidah muthawa’ah ,
seperti : جَمَعْتُ الْإِبِلَ فَاجْتَمَعَ ذَلِكَ الْإِبِلُ (saya mengumpulkan
unta, sehingga unta tersebut menjadi terkumpul).
(اِفْعَلَّ يَفْعَلُّ اِفْعِلَالًا):
موزونه : اِحْمَرَّ يَحْمَرُّ اِحْمِرَارًا ،
وعلامته : أن يكون ماضيه على خمسة أحرف بزيادة الهمزة في أوله وحرف أخر من جنس لام
فعله في أخره ، وبناؤه : لمبالغة اللازم ، وقيل : للألوان والعيوب ، مثال الألوان
نحو : (اِحْمَرَّ زَيْدٌ) ، ومثال العيوب نحو : (اِعْوَرَّ زَيْدٌ) .
Bab Ketiga
(If’alla yaf’allu if’ilaalan) :
Mauzun-nya : ihmarra yahmarru ihmraaran, tandanya : berupa fi’il madli-nya
terdiri dari lima huruf dengan ketambahan hamzah di permulaannya dan
satu huruf lain dari jenis lam fi’il-nya di akhirannya, bina’-nya
: berfaidah mubalaghah a-lazim (mempersangat fi’il lazim),
menurut pendapat lain : untuk arti macam-macam warna dan aib (cacat), contoh
yang warna seperti : اِحْمَرَّ زَيْدٌ (Zaid merah), sedangkan yang cacat seperti : اِعْوَرَّ زَيْدٌ (Zaid buta sebelah matanya).
(تَفَعَّلَ يَتَفّعَّلُ تَفَعُّلًا):
موزونه : تَكَلَّمَ يَتَكَلَّمُ تَكَلُّمًا،
وعلامته : أن يكون ماضيه على خمسة أحرف بزيادة التاء في أوله وحرف أخر من جنس عين
فعله بين الفاء والعين ، وبناؤه : للتكلف ، ومعنى التكلف : تحصيل المطلوب شيئا بعد
شيئ نحو : (تَعَلَّمْتُ الْعِلْمَ مَسْأَلَةً بَعْدَ مَسْأَلَةٍ)
Bab Ke-empat
(Tafa’’ala yatafa’’alu tafa’’ulan) :
Mauzun-nya : takallama yatakallamu takalluman, tandanya berupa fi’il
madli-nya terdiri dari lima huruf dengan ketambahan ta’ di
permulaannya dan satu huruf lain dari jenis ‘ain fi’il-nya di antara fa’
fi’il dan ‘ain fi’il, bina’-nya : berfaidah takalluf,
pengertian takalluf yaitu : mencapai sesuatu yang dicari sedikit demi
sedikit, seperti : تَعَلَّمْتُ الْعِلْمَ مَسْأَلَةً بَعْدَ مَسْأَلَةٍ (saya belajar ilmu,
masalah demi masalah).
الباب الخامس
(تَفَاعَلَ يَتَفَاعَلُ تَفَاعُلًا) :
موزونه : تَبَاعَدَ يَتَبَاعَدُ تَبَاعُدًا،
وعلامته : أن يكون ماضيه على خمسة أحرف بزيادة التاء في أوله والألف بين الفاء
والعين ، وبناؤه : للمشاركة بين الإثنين فصاعدا، مثال المشاركة بين
الإثنين نحو : (تَبَاعَدَ زَيْدٌ عَنْ عَمْرٍو) ، ومثال المشاركة بين الإثنين
فصاعدا نحو : (تَصَالَحَ قَوْمٌ) .
Bab Kelima
(Tafaa’ala yatafaa’alu tafaa’ulan) :
Mauzun-nya : tabaa’ada
yatabaa’adu tabaa’udan , tandanya : berupa fi’il madli-nya terdiri
dari lima huruf dengan ketambahan ta’ di permulaannya dan alif di
antara fa’ fi’il dan ‘ain fi’il, bina’-nya : berfaidah musyarakah
baina al-itsnain (pekerjaan yang sama-sama dikerjakan oleh dua orang) dan
lebih, contoh yang dua orang seperti : تَبَاعَدَ زَيْدٌ عَنْ عَمْرٍو (Zaid menjauh dari ‘Amr), sedangkan yang
lebih dari dua orang seperti : تَصَالَحَ قَوْمٌ (suatu kaum telah berdamai).
النوع الثالث
: وهو ما زيد فيه ثلاثة أحرف على الثلاثي وهو أربعة أبواب :
Jenis ketiga yaitu fi’il tsulatsi yang diberi tiga huruf
tambahan, yaitu ada empat bab :
(اِسْتَفْعَلَ يَسْتَفْعِلُ اِسْتِفْعَالًا):
موزونه : اِسْتَخْرَجَ يَسْتَخْرِجُ اِسْتِخْرَاجًا،
وعلامته : أن يكون ماضيه على ستة أحرف بزيادة الهمزة والسين والتاء في أوله ،
وبناؤه : للتعدية غالبا وقد يكون لازما ، مثال المتعدي نحو : (اِسْتَخْرَجَ زَيْدٌ
الْمَالَ) ، ومثال اللازم نحو : (اِسْتَحْجَرَ الطِّيْنُ) ، وقيل لطلب الفعل نحو :
(أَسْتَغْفِرُ اللهَ) أي : أطلب المغفرة من الله تعالى .
Bab Pertama
(Istaf’ala yastaf’ilu istif’aalan) :
Mauzun-nya : istakhraja yastakhriju istikhrajan, tandanya: berupa fi’il
madli-nya terdiri dari enam huruf dengan ketambahan hamzah, sin, dan ta’
pada permulaannya, bina’-nya : secara umum berfaidah ta’diyyah dan
terkadang lazim, contoh yang berfaidah ta’diyyah seperti : اِسْتَخْرَجَ زَيْدٌ الْمَالَ (Zaid mengeluarkan
harta), sedangkan yang lazim seperti : اِسْتَحْجَرَ الطِّيْنُ (tanah telah menjadi batu), menurut pendapat lain bisa berfaidah thalab
al-fi’li (meminta suatu pekerjaan) seperti : أَسْتَغْفِرُ الله , yakni saya meminta pengampunan dari Allah ta’ala.
الباب الثاني
(اِفْعَوْعَلَ
يَفْعَوْعِلُ اِفْعِيْعَالًا):
موزونه : اِعْشَوْشَبَ
يَعْشَوْشِبُ اِعْشِيْشَابًا، وعلامته : أن يكون ماضيه على ستة أحرف بزيادة الهمزة
في أوله وحرف أخر من جنس عين فعله والواو بين العين واللام ، وبناؤه : لمبالغة
اللازم ، لأنه يقال : (عَشُبَ الْأَرْضُ) إذا نبت على وجه الأرض في الجملة ، ويقال
: (اِعْشَوْشَبَ الْأَرْضُ) إذا كثر نبات وجه الأرض .
Bab Kedua
(If’au’ala
yaf’au’ilu if’ii’aalan) :
Mauzun-nya : i’syausyaba ya’syausyibu i’syiisyaaban , tandanya :
berupa fi’il madli-nya terdiri dari enam huruf dengan ketambahan hamzah
di permulaannya, satu huruf lain dari ‘ain fi’il-nya, dan wawu di
antara ‘ain fi’il dan lam fi’il, bina’-nya : berfaidah mubalaghah
al-lazim (mempersangat arti dari fi’il lazim), karena dikatakan : عَشُبَ الْأَرْضُ (tanah lebat) ketika ada tumbuhan di
permukaan tanah secara wajar, dan dikatakan : اِعْشَوْشَبَ الْأَرْضُ (tanah sangat lebat) ketika banyak tumbuhan di
permukaan tanah.
الباب الثالث
(اِفْعَوَّلَ يَفْعَوِّلُ اِفْعِوَّالًا):
موزونه : اِجْلَوَّذَ
يَجْلَوِّذُ اِجْلِوَّاذًا، وعلامته : أن يكون ماضيه على ستة أحرف بزيادة الهمزة
في أوله والواوين بين العين اللام ، وبناؤه : أيضا لمبالغة اللازم ، لأنه يقال :
(جَلَذَ الْإِبِلُ) إذا سار سيرا بسرعة ، ويقال : (اِجْلَوَّذَ الْإِبِلُ) إذا سار
سيرا بزيادة سرعة .
Bab Ketiga
(if’awwala
yaf’awwilu if’iwwaalan) :
Mauzun-nya : ijlawwadza yajlawwidzu ijliwwaadzan , tandanya :
berupa fi’il madli-nya yang terdiri dari enam huruf dengan ketambahan hamzah
di permulaannya dan dua wawu di antara ‘ain fi’il dan lam
fi’il , bina’-nya : juga berfaidah mubalaghah al-lazim ,
karena dikatakan : جَلَذَ الْإِبِلُ (unta berlari) ketika ia berjalan dengan cepat,
dan dikatakan : اِجْلَوَّذَ الْإِبِلُ (unta berlari dengan cepat) ketika ia berlari
dengan menambah kecepatannya.
الباب الرابع
(اِفْعَالَّ
يَفْعَالُّ اِفْعِيْلَالًا):
موزونه : اِحْمَارَّ
يَحْمَارُّ اِحْمِيْرَارًا، وعلامته : أن يكون ماضيه على ستة أحرف بزيادة الهمزة في
أوله والألف بين العين واللام وحرف أخر من جنس لام فعله في أخره، وبناؤه : لمبالغة
اللازم ، لكن هذا الباب أبلغ من باب الإفعلال ، لأنه يقال : (حَمِرَ زَيْدٌ) إذا
كان له حمرة في الجملة ، ويقال : (اِحْمَرَّ زَيْدٌ) إذا كان له حمرة مبالغة ،
ويقال : (اِحْمَارَّ زَيْدٌ) إذا كان له حمرة زيادة مبالغة .
Bab Ke-empat
(If’aalla yaf’aallu if’iilaalan) :
Mauzun-nya: ihmaarra yahmaarru ihmiiraaran
, tandanya : berupa fi’il madli-nya terdiri dari enam huruf dengan
ketambahan hamzah di permulaannya, alif di antara ‘ain fi’il
dan lam fi’il, dan ketambahan satu huruf lain dari jenis lam fi’il-nya
di akhirannya, bina’-nya : berfaidah mubalaghah al-lazim, akan
tetapi bab ini artinya lebih sangat dari bab if’ilaalan , karena
dikatakan : حَمِرَ زَيْدٌ (Zaid merah) ketika ia berwarna merah
secara wajar, dan dikatakan : اِحْمَرَّ زَيْدٌ (Zaid sangat merah) jika ia berwarna sangat merah, dan dikatakan : اِحْمَارَّ زَيْدٌ
(Zaid sangat merah sekali) ketika ia berwarna sangat merah sekali.
Wallahu a’lamu bi ash- showwab